Rabu, 07 November 2012

psikologi olahraga (rebecca)


NAMA            : KHAMID FAUZI
NIM                : 10601241046
PRODI            : PJKR
KELAS           : PJKR (A)

A. Pertanyaan
1. Cabang olahraga dan no. apa yang dipelajari atau latihan yang dipelajari si Rebecca tersebut?
2. Dalam rangka menuju persiapan even olahraga apa si Rebecca latihan olahraga tersebut?
3. Berapa lama setiap minggu dia latihan dan sudah berapa tahun dia menggeluti olahraga ini?
4. Aspek psikologis apa yang dilatihkan oleh pelatih kepada Rebecca dalam rangka meningkatkan prestasi cabang olahraga yang digeluti?
5. Simpulkan apa artinya dari latihan tersebut?

B. Jawaban
1. Cabang olahraga yang dipelajari atau yang Rebecca berlatih yaitu cabang olahraga senam. Tepatnya senam artistik, pada no. palang bertingkat, yaitu gerakan Gingga Salto (yaitu terbang lepas dari bar atas kemudian melakukan jungkir balik dengan separuh putaran sebelum menangkap bar kembali).
2. Rebecca melakukan latihan tersebut dalam rangka persiapan menuju olimpiade atau keinginan Rebecca untuk memenangkan medali olimpiade.
3. Rebecca latihan selama 5 ½ jam dalam sehari, dan dia berlatih 6 hari dalam seminggu dan telah berlatih selama 10 tahun, Rebecca berlatih sejak dia berusia 7 tahun.
4. Pelatih Rebecca yaitu Collin awalnya menperkenalkan dan melatih Rebecca dengan mengangkat tubuh Rebecca kemudian secara fisik membentuk gerakan "Ginga Salto" sehingga otak Rebecca mulai mengenal gerakan tersebut. Setelah itu, pelatih menggunakan pendekatan yang lebih radikal, yaitu menggunakan pendekatan visualisasi. Dimana Rebecca tidak lagi melakukan latihan fisik. Pelatih Rebecca memerintahkan kepada rebecca untuk membayangkan secara mental dengan rinciannya dari setiap gerakan "Ginga Salto" secara berulang-ulang, seolah-olah dia telah berhasil menguasai gerakan tersebut.
5. Banyak ilmu, manfaat dan hikmah yang dapat saya ambil dari sebuah tayangan video Rebecca tersebut. Bahwa suatu keberhasilan dapat diraih dengan kerja keras, pantang menyerah dan latihan yang matang. Pada latihan tersebut yang menggunakan metode pendekatan visualisasi atau membayangkan. Jadi sebelum berlatih fisik, perlu adanya latihan visualisasi atau membayangkan. Oleh sebab itu, ketika Rebecca berlatih kembali secara fisik, dia bagaikan lebih mudah dalam meraih keberhasilan karena di dalam otaknya telah terbentuk bayangan atau gambaran yang ada tentang gerakan tersebut dan cara untuk berhasil dalam melakukannya.jadi, visualisasi atau membayangkan atau imajinasi dapat membantu diri seseorang untuk meraih keberhasilan secara lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar