Rabu, 07 November 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PERMAINAN ESTAFET KATA SEBAGAI PENGENALAN AIR PADA MATA, TELINGA DAN HIDUNG


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PERMAINAN ESTAFET KATA SEBAGAI PENGENALAN AIR PADA MATA, TELINGA DAN HIDUNG
A. PEMBUKAAN
1. Siswa di bagi menjadi 2 kelompok dan dibariskan menjadi 2 baris
2. Siswa disiapkan dan berhitung
3. Dimulai dengan berdoa terlebih dahulu
4. Memberikan penjelasan tentang permainan yang akan dipraktikkan
5. Pemanasan
            a. Pemanasan dilakukan dengan peregangan otot dan sendi.
            b. Pemanasan dilakukan dari tubuh bagian atas kemudian ke bawah, atau sebaliknya.
b. kemudian pemanasan fokus pada latihan pernapasan
7. Penentuan tempat dilakukan dengan suit antara kedua tim
B. Cara bermain
1. Siswa dibagi menjadi dua regu, tiap regu terdiri dari 3 sampai 6 orang
2. Setiap anggota regu berdiri 1 baris dan ada jarak antara anggota regu
3. Orang kedua dan seterusnya membelakangi orang pertama
4. Orang pertama diberi koin oleh panitia sebagai ganti tongkat estafet dan orang pertama mendapat tugas untuk menyampaikan perintah dari panitia kepada orang kedua bisa berbentuk penunjukkan angka atau anggota badan dan sebagainya
5. Cara orang pertama mendekati orang kedua bisa dengan berenang atau berlari atau berjalan
6. Setelah orang pertama sampai kepada orang kedua, orang pertama menepuk pundak orang kedua, dan orang kedua langsung berbalik badan, dan keduanya langsung menyelam
7. Setelah keduanya menyelam, orang pertama memberikan koin kepada orang kedua serta menyampaikan tugas yang diberikan panitia untuk di estafetkan
8. Setelah proses tersebut selesai, maka orang kedua melakukan hal yang sama kepada orang ketiga, begitu seterusnya
9. Regu yang lebih cepat menyelesaikan serta orang terakhir bisa menjawab dengan tepat pesan yang disampaikan maka regu itu pemenangnya.

Gambar lapangan Permainan:


































 















Keterangan:
          : tim 1
          : tim 2

C. Pendinginan
1. Pendinginan dilakukan diawali dari kaki menuju kepala atau sebaliknya (berupa peregangan ataupun pemijitan anatar anggota kelompok.
     2. Pendinginan dilakukan selama 2 menit
D. Memberikan evaluasi kepada siswa tentang praktik yang telah dilakukan
     1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang permainan tersebut
2. Memberikan pertanyaan pancingan untuk memancing siswa agar aktif dalam pembelajaran bisa bertanya bagaimana perasaannya, kira-kira apa manfaat dan tujuannya, serta yang lainnya.
3. Memberikan umpan balik atau  penjelasan, manfaat dan tujuan tentang materi atau permainan yang telah dilakukan
E. Menutup Pembelajaran
     1. Memberikan kesimpulan kepada siswa
         Kesimpulan: Dalam permainan ini untuk pengenalan mata, telinga, hidung dan lainnya pada air kolam renang.
     2. Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tersebut.
     3. Menutup dengan berdoa dan di bubarkan dengan tertib.
F. Nilai yang dapat di kembangkan dengan permainan ini adalah:
     1. Kerjasama dalam satu tim untuk mencapai tujuan
2. berlatih memanfaatkan waktu.
     3. Menggunakan kesempatan sebaik mungkin
     4. Saling percaya kepada teman satu tim
5. Mengharagai orang lain atau lawan (fair play)
6. Melatih kejujuran
7. Konsentrasi atau fokus
8. Mengajarkan tanggungjawab
9. Menanamkan sikap amanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar