Rabu, 07 November 2012

MODIFIKASI PERMAINAN SOFTBALL PADA PERMAINAN FIELDING ‘BOLA TAMPAR’

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
MODIFIKASI  PERMAINAN SOFTBALL PADA PERMAINAN FIELDING
‘BOLA TAMPAR’





Disusun oleh :
KHAMID FAUZI
10601241046
PJKR’A 2010




UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Permainan    : BOLA TAMPAR
Alokasi Waktu    : 30 menit (1 x pertemuan)
Alat belajar                  :
-    Bola hasil modifikasian 6 buah
-    Cone 4 buah
-    keranjang atau tempat sampah 3 buah
-    Peluit
-    Serbuk kapur atau alas untuk tempat pijakan/tanda tempat hinggap
Materi Pembelajaran
Permainan Softball yang telah dimodifikasi (Bola Tampar)
•    Teknik, memukul/menampar bola dengan tangan, melempar bola dengan baik, benar dan akurat serta mampu menangkap bola.
•    Taktik Penekanan pentingnya penempatan posisi bola dan lari ketempat hinggap dengan aman serta mampu mencetak angka, serta mampu mengambil keputusan dengan dengan bola yang ada pada tangannya.
•    Bermain softball dengan peraturan yang dimodifikasi.

Deskripsi Permainan
    Permaina Bola tampar ini merupakan salah satu hasil modifikasi dari permainan ssoftball. Modifikasinya baik dari segi peraturan, cara bermain, lapangan, jumlah pemain dan juga alat yang digunakan. Permainan ini lebih menekankan pada masalah teknik dan taktik. Pada teknik yaitu bagaimana cara menampar bola dengan baik dan benar. Selain itu peserta juga harus mampu menangkap serta melempar bola dengan baik, benar dan akurat. Sedangkan pada taktik yaitu bagaimana menempatkan bola agar dirinya mampu ketempat hinggap dengan aman atau membantu teman dalam mencetak angka, serta mampu mengambil keputusan dengan bola yang ada ditangannya..
Langkah-langkah Pembelajaran
No    Kegiatan    Alokasi Waktu    Formasi / Gambar
1.    Pendahuluan:
    Berbaris,
    Berdoa,
    Presensi atau hitung jumlah siswa



     Pemanasan
Bermain permainan elang dan anak ayam. Siswa yang bertugas menjadi elang berusaha mengejar dan menangkap siswa yang menjadi anak ayam. Anak ayam harus berlari menghindari kejaran elang, dan  anak ayam boleh menggunakan 2 cara untuk berlindung diri, yaitu dengan jongkok dan tidak bergerak seperti patung ( tidak boleh tertawa).  Siswa yang jongkok bisa berdiri jika melakukan jabat tangan dengan temannya yang jongkok juga. Sedangkan siswa yang seperti patung, boleh bergerak jika telah disentuh oleh temannya yang berdiri.
    Berbaris
    Penjelasan materi     Pendahuluan:
6 menit   






Keterangan:

= Siswa

= Guru
























Keterangan:
   : Siswa yang jadi anak ayam
   : Siswa yang jadi elang



2.    Inti:
-Latihan pendekatan teknik, yaitu dengan latihan tampar bola, tangkap bola dan diikuti dengan lempar bola (4 orang per kelompok latihan).setelah latihan teknik selesai, guru disini memberikan arahan untuk pendekatan taktik.
-Permainan inti. Yaitu untuk terdiri dari 2 regu, regu penjaga dan pemukul (penampar bola). peraturan sebagai berikut:
    Area permainan berbentuk persegi panjang
    Regu pemukul: 2 siswa dari regu pemukul bertugas untuk melempar bola untuk temannya, dan temannya menampar bolanya, mereka berdiri berdampingan, kemudian lari ketempat hinggap secara bersama-sama. Tamparan bola harus melewati garis minimal, kalau tidak, maka pemain dinyatakan out atau mati.
    Regu penjaga: berusaha menangkap, atau mematikan siswa yang menampar bola dengan memasukkan bola kedalam keranjang yang ada di base.
    Tiap siswa hanya mempunyai 1 kali kesempatan menampar bola.
    Poin diperoleh apabila pemukul atau teman pemukul bisa kembali ke home dengan aman.
    Jika 3 tim penampar dimatikan, maka terjadi change atau pergantian (regu pemukul menjadi penjaga dan sebaliknya.
    Siapa yang berhasil mengumpulkan point yang lebih banyak maka dialah pemenangnya.    Penainan
15 menit
















   



Keterangan:  
     : Siswa
       : Arah gerak bola
      : Arah gerak siswa setela melempar
       : Bola



























Keterangan:
     : Tim A
     : Tim B
     : Bola
     : Cone
     : Keranjang sampah
     : Alas pijakan
     : Batas yang harus dilewati bola yang dilakukan oleh penampar
3.    Penutup
    Berbaris berbanjar sesuai kelompok
    Pendinginan, berupa permainan tebak gerak (untuk permainan penutup)
Aturan main: guru memberikan sebuah tulisan kepada orang pertama, orang pertama menyampaikan keorang kedua dengan hanya menggunakan anggota badan kecuali menggunakan mulut untuk menjelaskannya, begitu seterusnya. Orang terakhir bertugas menjawab.
     Berbaris
    Evaluasi
     Berdoa
    Membubarkan barisan    4 menit
   










Keterangan:

     :Regu A
     : Regu B
     : Guru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar