Teaching
Games for Understanding (TGfU)
adalah suatu pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani untuk memperkenalkan
bagaimana anak mengerti olahraga melalui bentuk konsep dasar bermain. TGfU
tidak memfokuskan pembelajaran pada teknik bermain olahraga sehingga
pembelajaran akan lebih dinamis dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Pendekatan TGfU
merupakan salah satu pendekatan yang mengakomodir kebutuhan anak dalam bermain.
Guru penjas sebagai pengelola kelas lebih berperan sebagai fasilitator
pembelajaran dan tidak menjadi dominan dengan memberikan contoh-contoh seperti
yang terjadi pada pembelajaran yang berbasis teknik. Pendekatan TGfU juga dapat
dijadikan sebagai sebuah inovasi yang menuju pada perbaikan pembelajaran penjas
di sekolah.
TGfU
berkaitan erat dengan pengajaran kognitif, ketika model itu terangkum dalam
model pembelajaran permainan taktikal dalam pengajaran penjas. Pada model
pembelajaran permaianan taktikal, guru merencanakan urutan tugas mengajar dalam
konteks pengembangan keterampilan dan taktis bermain siswa, mengarah pada
permainan yang sebenarnya. Tugas-tugas belajar menyerupai permainan dan
modifikasi bermain sering disebut sebagai ‘bentuk-bentuk permainan’.
Sebagaimana namanya, permainan taktikal, maka guru harus mampu mengundang siswa
untuk memecahkan masalah taktis bermain.guru harus mampu menunjukan
masalah-masalh taktik yang diperlukan dalam situasi bermain. Sedangkan siswa
sangat penting untuk mengenali posisi bermain di lapangan secara benar,
pilihan-pilihan gerak yang mungkin dilakukan,dan situasi-situasi bermain yang
dihadapi siswa.
Menurut
Mitchell, Oslin dan Griffin (2003) TGfU memiliki ciri khas dalam pengelolaan
permainannya yang setiap bentuk permainan memiliki ciri khas dan karakteristik
tersendiri yang tentunya memberikan rasa kesenangan berbeda pada para pemainnya
dan yang membedakan permainan dalam 4 kelompok bentuk permainan, yaitu:
1. Target
games (permainan target),
2. Net/wall
games (permainan net),
3. Striking/fielding
games (permainan pukul-tangkap-lari),
4. Invasion
games (permainan serangan/invasi).
Pembelajaran TGFU ini seperti berikut:
1. Game or game form
Menekankan pada sebuah masalah taktik (tantangan)
sebelum mengidentifikasi dan berlatih keterampilan.
2. Question
Mengumpulkan para siswa secara bersamaan dan
bertanya dengan memfokuskan mereka pada masalah
taktik dan bagaimana(proses).
3. Practice
Tugas-tugas latihan yang berpusat pada guru untuk
mengembangkan kesadaran taktik melalui
pembelajaran yang berpusat pada guru.
4. Game
Situasi permainan untuk memperkuat masalah taktik
atau keterampilan yang diberikan di awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar