Senin, 14 Mei 2012

Tugas ALK


Disusun oleh: Khamid Fauzi
MANFAAT SOSIOLOGIS DARI PERMAINAN KELOMPOK DAN INDIVIDU
            Pendidikan jasmani melalui pendidikan luar kelas dapat memanfaatkan lingkungan di sekitar sekolah sebagai sumber belajar, lingkungan sekolah juga dapat dijadikan sebagai alat pengembangan kegiatan di alam bebas agar siswa dapat mengembangkan keterampilanya. Yang terpenting bahwa aktivitas pembelajaran di luar kelas yang dilakukan siswa adalah dimana guru (pengajar) harus pandai-pandai memilih model atau jenis pembelajaran yang tepat sesuai situasi lingkungan, memperhatikan factor keamanan karena di alam bebas mempunyai tingkat keriskanan yang tinggi terhadap keselamatan siswa. Model pembelajaran yang paling tepat di lingkungan luar sekolah adalah dengan bentuk bermain atau permainan. Pendidikan luar kelas merupakan aktivitas luar sekolah yang berisi kegiatan di luar kelas/ sekolah dan di alam bebas lainnya, seperti: bermain di lingkungan sekolah, taman, perkampungan pertanian/ nelayan, berkemah, dan kegiatan yang bersifat kepetualangan, serta pengembangan aspek pengetahuan. Pendidikan luar kelas tidak sekedar memindahkan pelajaran ke luar kelas, tetapi dilakukan dengan mengajak siswa menyatu dengan alam dan melakukan beberapa aktivitas yang mengarah pada terwujudnya perubahan perilaku siswa terhadap lingkungan melalui tahap-tahap penyadaran, pengertian, perhatian, tanggungjawab dan aksi atau tingkah laku. Aktivitas luar kelas dapat berupa permainan, cerita, olahraga, eksperimen, perlombaan, mengenal kasus-kasus lingkungan di sekitarnya dan diskusi penggalian solusi, aksi lingkungan, dan jelajah lingkungan (Vincencia S, 2006).
Pendidikan luar kelas bertujuan agar siswa dapat beradaptasi dengan lingkungan dan alam sekitar,dan, mengetahui pentingnya keterampilan hidup dan pengalaman hidup di lingkungan dan alam sekitar, dan memiliki memiliki apresiasi terhadap lingkungan dan alam sekitar
Mata kuliah aktivitas luar kelas memang sangat menyenangkan. Dimana peserta didik menjalani proses belajarnya di luar kelas atau di luar sekolah, sehingga peserta didik bisa berhubungan langsung dengan alam, masyarakat, dan sebagainya. Tentu proses belajar di luar kelas member manfaat bagi peserta didik, selain ilmu juga pengalaman. Berbagai permainan dan aktivitas luar kelas yang dilakukan oleh peserta didik yang dilakukan secara individu maupun kelompok tentu begitu besar manfaatnya. Diantara manfaat dari permainan individu dan kelompok yang untuk sosiologis peserta didik yaitu:
1. Menanamkan sikap atau sifat peduli kepada sesama.
2. meningkatkan sikap saling menghormati terhadap peserta didik.
3. meningkatkan sikap saling menghargai.
4. Membentuk pribadi yang sopan dan santun.
5. Menciptakan perasaan percaya kepada teman/orang lain.
7. Melatih atau membentuk manusia atau peserta didik untuk dapat bekerjasama dengan orang lain.
8. Melatih terhadap kesabaran.
9. Mengembangkan rasa memiliki dan solidaritas.
10. mengembangkan kemampuan berkomunikasi.
11. mngembangkan kemampuan untuk membangun persahabatan.
12. Mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan diri.
13. Menumbuhkan kesadaran akan arti penting alam.
14. belajar untuk menghargai, menjaga keindahan dan kelestarian alam.
15. Melatih keberanian untuk menghadapi tantangan.
16. menumbuhkan sikap simpati dan empati.
Aktivitas di atas adalah sesuai dengan kuliah aktivitas luar kelas yang telah saya jalankan, diantarannya:
1.      Bermain dengan membuat lingkaran besar, dan didalamnya ada beberappa lingkaran yang terbuat dari kayu, setelah mendengar aba-aba, kita harus memasuki lingkaran kayu itu sesuai dengan perintah dosen (pengajar).
2.      Bermain dengan nama permainan sangkar dan burung.  Dimana si burung terkadang harus berganti sangkar yang baru, terkadang juga sangkar yang berganti burung yang baru, kadang juga sangkar dan burung sama-sama berganti.
3.      Bermain dengan 2 orang berjaga untuk mengejar beberapa temannya, yang telah ditentukan batasannya.
4.      Permainan berkelompok dengan anggota kelompok ditutup matanya dengan sapu tangan, dan 1 orang atau pemimpin kelompok saja yang bisa melihat, dan tugasnya yaitu mengendalikan atau menguasai anggota kelompoknya yan ditutup matanya untuk mencari beberapa barang yang telah pengajar atau dosen meletakkan disuatu tempat.
5.      Bersepeda santai dan ria mengelilingi lingkungan atau daerah sekitar UNY, kemudian setelah sampai di gor, peserta didik diberi tugas oleh pengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar