NAMA : KHAMID FAUZI
NIM : 10601241046
PRODI : PJKR
KELAS : PJKR A 2010
CONTOH LESSON PLAN
- Permainan : Basketball
- Bentuk permainan : 4 lawan 4 dan 1 orang sebagai pemain free (permaianan mini atau mini game)
- Masalah taktik : Mencari ruang, mencetak angka, mencegah angka, penguasaan bola (mempertahankan kepemilikan bola), merebut bola.
- Fokus Pelajaran/tujuan : Memahami usaha mempertahankan kepemilikan bola, memahami untuk membantu teman yang memegang bola, menciptakan ruang, mencetak angka, mencegah angka, usaha merebut bola.
- Deskripsi Permainan : (Meliputi penjelasan dan gambar)
Keterangan:
: Pemain Regu A
: Pemain Regu B
: Pemain free (netral)
: Ring (target/bisa modifikasian)
: Bola
Penjelasan
Ø Game ini yaitu 4 vs 4 dan 1 pemain free
Ø Kedua kelompok sama-sama berusaha mencetak
angka dengan cara memasukkan bola kedalam ring atau keranjang lawan.
Ø Kedua kelompok juga berusaha mencegah angka
dari serangan lawan atau berusaha merebut bola dari lawan.
Ø Sedangkan 1 pemain free bertugas membantu hanya
kepada kelompok yang sedang membawa atau menguasai bola, pemain free boleh
membantu dalam mencetak angka.
Ø Waktu permainan 15 menit, siapa yang lebih
banyak mencetak skor, maka regu tersebut pemenangnya
- Pertanyaan-Pertanyaan pemahaman taktik:
- Bagaimana cara mempertahankan bola paling efektif?
- Mengapa pemain perlu melakukan pergerakan tanpa bola?
- Bagaimana cara bertahan paling efektif saat jumlah pemain lawan lebih banyak?
- Bagaimana cara membantu atau mensuport teman yang sedang membawa bola?
- Bagimana cara nerebut bola dari lawan yang paling efektif?
- Teknik yang dibutuhkan dan cara belajarnya:
- Passing (bisa pendek bisa jauh, cara belajarnya(passing berpasangan atau bertiga, dll).
- Dribling bola (lintasan zig zag)
- Blocking (bermain lempar tangkap dengan temannya)
- Shoting (latihan shoting ke target atau dengan temannya)
- Sarana prasarana yang dibutuhkan:
- Bola 4 buah
- Cone 10 buah
- Rompi atau pita sebagai pembeda
- Lapangan (menggunakan 1 lapangan penuh)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar