NAMA : KHAMID
FAUZI
NIM :
10601241046
KELAS :
PJKR A 2010
MATA KULIAH : Pengajaran Permainan Net
………………………………….
Tujuan pembelajaran :
Meningkatkan kerjasama tim dan mampu melakukan
passing bawah pada permainan bolavoli
Waktu pembelajaran :
1 x 30 menit
Langkah –
langkah pembelajaran :
- Berbaris, presensi berdoa, pemanasan, lalu menjelaskan tujuan pembelajaran
- Bermain permainan inti (Permainan bolavoli yang dimodifikasi)
- Berbaris, evaluasi proses pembelajaran, pendinginan, berdoa dan bubar
Peraturan dan cara
bermain:
Pendahuluan
Menyiapkan
kedalam suatu barisan, lalu berdoa. Setelah itu menanyakan apakah ada yang
sakit. Dilanjutkan pemanasan dengan permainan kecil yang dapat membuat otot –
otot dan suhu badan siap untuk melakukan permainan inti.
1. Pemanasan
Bermain
permainan elang dan anak ayam. Siswa yang bertugas menjadi elang berusaha
mengejar dan menangkap siswa yang menjadi anak ayam. Siswa yang menjadi anak
ayam harus berlari menghindari kejaran siswa yang menjadi elang, dan siswa yang
menjadi anak ayam bisa menggunakan cara untuk berlindung
diri, yaitu dengan melakukan
loncat-loncat. Siswa yang loncat-loncat
boleh berhenti loncat-loncat jika melakukan jabat
tangan dengan temannya yang loncat-loncat
juga. Jumlah siswa yang boleh melakukan loncat-loncat maksimal 4 orang, jika
lebih, maka siswa yang paling awal melakukan loncat-loncat dia yang dinyatakan
tertangkap (berganti menjadi elang). Jika
anak ayam ada yang tertangkap maka ia menjadi elang, dan elang yang menangkap
berganti menjadi anak ayam.
Gambar.1
Keterangan:
: Siswa yang
jadi anak ayam
:
Siswa yang jadi elang
2.
Permainan inti
1.
Siswa bermain permainan bolavoli yang telah
dimodifikasi
2.
Siswa dibagi menjadi 2 kelompok, jumlah tiap kelompok
6 orang
3.
Siswa bermain bolavoli yang telah dimodifikasi yaitu dengan melakukan
permainan hanya menggunakan passing bawah.
4.
Tidak diperbolehkan melakukan passing atas atau smash
5.
Setiap anggota tim harus melakukan 1 kali passing
bawah, sehingga jumlah passing bawah yang dilakukan adalah sejumlah anggota tim
(6 orang).
6.
Tim yang melakukan passing bawah kurang atau lebih
dari 6 kali maka dinyatakan out (point untuk lawan).
7.
Tim yang melakukan passing atas atau smash juga
dinyatakan out (point untuk lawan).
8.
Tim yang mendapatkan angka 20 terlebih dahulu maka
dialah pemenangnya.
Gambar 2.
Keterangan:
: TIM A
: TIM B
:
Bola
3.
Penutup (5 menit)
Penutup
berisi tentang evaluasi pembelajaran dari apa yang telah dilakukan, bagaimana
kesulitannya dan apa solusinya. Setelah itu melakukan pendinginan dengan bermain
estafet gerak. Siswa dibagi menjadi 2 atau 3 kelompok. Guru memberikan
kata-kata kepada siswa yang berada di baris terdepan (pertama dari
masing-masing kelompok), missalnya, bola voli, maka siswa pertama
menyampaikan pesan tersebut ke siswa kedua yang ada didepannya dengan menepuk pundaknya (siswa
kedua dan seterusnya berdiri membelakangi siswa pertama), namun dengan menggunakan gerakan. Kemudian
siswa kedua menyampaikan pesan tersebut ke siswa ketiga dengan gerakan juga.
Siswa berada di ujung, bertugas menjawab arti pesan atau gerakan tersebut .
Tidak diperbolehkan member tahu dengan suara atau bibir (mulut).
Gambar
3.
Nilai-nilai yang dapat
dikembangkan:
A.
Sikap sportif dan jujur
a.
Setiap pemain harus mengetahui peraturan dan
bersedia menaatinya.
b.
Pemain harus dapat menerima setiap keputusan wasit
dengan sportif tanpa perdebatan.
c.
Pemain harus dapat menunjukkan rasa hormat, ramah,
semangat, dan jujur, baik kepada wasit, pemain kawan maupun lawan.
B.
Sikap kerjasama dan solidaritas tinggi
a.
Pemain harus sadar bahwa ini permain tim bukan
individu.
b.
Saling mengerti satu sama lain dan tahu kekurangan dan
kelebihannya.
C.
Sikap disiplin
D.
Sikap bertanggung jawab
Jika pemain melakukan kesalahan maka untuk selanjutnya
sadar untuk tidak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar