Kamis, 21 Februari 2013

Pengajaran Permainan Net (VOLI)



UNY (4)NAMA                                    : KHAMID FAUZI
NIM                             : 10601241046
KELAS                      : PJKR A 2010
MATA KULIAH        : Pengajaran Permainan Net


………………………………….

Tujuan pembelajaran           : Meningkatkan kerjasama tim dan mampu melakukan passing bawah pada permainan bolavoli
Waktu pembelajaran            : 1 x 30 menit

Langkah – langkah pembelajaran :
  1. Berbaris, presensi berdoa, pemanasan, lalu menjelaskan tujuan pembelajaran
  2. Bermain permainan inti (Permainan bolavoli yang dimodifikasi)
  3. Berbaris, evaluasi proses pembelajaran, pendinginan, berdoa dan bubar

Peraturan dan cara bermain:

Pendahuluan
            Menyiapkan kedalam suatu barisan, lalu berdoa. Setelah itu menanyakan apakah ada yang sakit. Dilanjutkan pemanasan dengan permainan kecil yang dapat membuat otot – otot dan suhu badan siap untuk melakukan permainan inti.

1. Pemanasan
            Bermain permainan elang dan anak ayam. Siswa yang bertugas menjadi elang berusaha mengejar dan menangkap siswa yang menjadi anak ayam. Siswa yang menjadi anak ayam harus berlari menghindari kejaran siswa yang menjadi elang, dan siswa yang menjadi anak ayam bisa menggunakan cara untuk berlindung diri, yaitu dengan melakukan loncat-loncat.  Siswa yang loncat-loncat boleh berhenti loncat-loncat jika melakukan jabat tangan dengan temannya yang loncat-loncat juga. Jumlah siswa yang boleh melakukan loncat-loncat maksimal 4 orang, jika lebih, maka siswa yang paling awal melakukan loncat-loncat dia yang dinyatakan tertangkap (berganti menjadi elang).  Jika anak ayam ada yang tertangkap maka ia menjadi elang, dan elang yang menangkap berganti menjadi anak ayam.

Gambar.1
           









































 







Keterangan:

   : Siswa yang jadi anak ayam


 
               : Siswa yang jadi elang


2. Permainan inti
1.      Siswa bermain permainan bolavoli yang telah dimodifikasi
2.      Siswa dibagi menjadi 2 kelompok, jumlah tiap kelompok 6 orang
3.      Siswa bermain bolavoli yang telah dimodifikasi yaitu dengan melakukan permainan hanya menggunakan passing bawah.
4.      Tidak diperbolehkan melakukan passing atas atau smash
5.      Setiap anggota tim harus melakukan 1 kali passing bawah, sehingga jumlah passing bawah yang dilakukan adalah sejumlah anggota tim (6 orang).
6.      Tim yang melakukan passing bawah kurang atau lebih dari 6 kali maka dinyatakan out (point untuk lawan).
7.      Tim yang melakukan passing atas atau smash juga dinyatakan out (point untuk lawan).
8.      Tim yang mendapatkan angka 20 terlebih dahulu maka dialah pemenangnya.         

Text Box: N
E
T
Gambar 2.





























































 













Keterangan:
                                    : TIM A
                                    : TIM B
                                    : Bola

3. Penutup (5 menit)
             Penutup berisi tentang evaluasi pembelajaran dari apa yang telah dilakukan, bagaimana kesulitannya dan apa solusinya. Setelah itu melakukan pendinginan dengan bermain estafet gerak. Siswa dibagi menjadi 2 atau 3 kelompok. Guru memberikan kata-kata kepada siswa yang berada di baris terdepan (pertama dari masing-masing kelompok), missalnya, bola voli, maka siswa pertama menyampaikan pesan tersebut ke siswa kedua yang ada  didepannya dengan menepuk pundaknya (siswa kedua dan seterusnya berdiri membelakangi siswa pertama),  namun dengan menggunakan gerakan. Kemudian siswa kedua menyampaikan pesan tersebut ke siswa ketiga dengan gerakan juga. Siswa berada di ujung, bertugas menjawab arti pesan atau gerakan tersebut . Tidak diperbolehkan member tahu dengan suara atau bibir (mulut).
Gambar 3.





























 

Nilai-nilai yang dapat dikembangkan:

A.    Sikap sportif dan jujur
a.    Setiap pemain harus mengetahui peraturan dan bersedia  menaatinya.
b.    Pemain harus dapat menerima setiap keputusan wasit dengan sportif tanpa perdebatan.
c.    Pemain harus dapat menunjukkan rasa hormat, ramah, semangat, dan jujur, baik kepada wasit, pemain kawan maupun lawan.
B.     Sikap kerjasama dan solidaritas tinggi
a.    Pemain harus sadar bahwa ini permain tim bukan individu.
b.    Saling mengerti satu sama lain dan tahu kekurangan dan kelebihannya.
C.     Sikap disiplin
D.    Sikap bertanggung jawab
Jika pemain melakukan kesalahan maka untuk selanjutnya sadar untuk tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar